-->

Cara Mudah Membuat Format Laporan Makalah dan Tugas Akhir

Selamat hadir semuanya. kembali lagi di website zonamatika. kali ini kita akan membahas sedikit mengenai cara pemebentukan format dari setiap laporan yang sering sekali kita kerjakan selama mengikuti pendidikan . bentuk laporan seperti makalah, kerja praktik, tugas akhir/skripsi terlihat sangat sederhana dan biasa saja ketika kita lihat pada umumnya . akan tetapi kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar kita mudah mengatur dan menata laporan yang kita kerjakan agar semuannya menjadi otomatis.

Sebelumnya jika kalian selalu penasaran atau suka dengan info-info yang ada disitus ini jangan lupa untuk ikuti terus website ini...!!

Baik langsung saja kita memasuki cara - caranya:

Pertama
Buka office word pada laptop kita kemudian langsung saja pilih "blank document". Jika telah di klik maka akan tampil halaman 1 yang kosong pada lembar kerja word kita. untuk selanjutkan ikuti langkah kedua.

Kedua
Sebelum kita melanjutkan pembuatan format penulisan laporan baiknya kita untuk menampilkan navigation pane agar setiap heading yang kita buat bisa ditampilkan di sisi sebalah kiri word kita dan tentunya kita dapat dengan mudah mengatur dan melihat daftar apa saja yang kita kerjakan.

Seperti contoh:
1. Daftar isi
2. BAB I
3. BAB 2

Dan Selanjuntya...

Oh iya sob! hampir kita lupakan bahwa untuk memunculkan navigation pane sangat mudah, yaitu klik view di toolbar atas kemudian ceklis navigation pane pada pilihan yang ada pada menu view. maka navigation pane akan muncul pada halaman lembar kerja word kita.

Kita masuk tahapan ketiga
setelah tampilan navigation pane muncul maka kita akan memulai membuat kerangka kerja kita. sebelum kita melanjutkan kita harus lebih mengenal dulu heading. heading  adalah kepala atau bab dari setiap laporan yang kita buat. ada bagian - bagian untuk penggunaan Heading. misalkan seperti heading 1, Heading 2, dan Heading 3.

Heading 1 digunakan untuk BAB
Heading 2 digunakan untuk SUB BAB
Heading 3 digunakan untuk SUB-SUB BAB

Keempat
Untuk membuat kepala/bab langsung saja kita akan pilih heading 1. Dan kita bisa langsung menuliskan BAB I tekan Shift + enter PENDAHULUAN maka akan tampil - tampilan BAB I dengan posisi Heading 1.

Setelah berhasil kita buat jangan lupa posisi tulisan/content kita letakan di center/tengah. langkah keempat bisa kita gunakan untuk setiap kepala/bab yang akan kita buat di BAB - BAB selanjutnya.

Kelima
Untuk membuat sub-bab kita akan menggunkan heading 2. caranya klik "Heading 2" pada toolbar dan kemudian buat tulisan sebagai contoh:

1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah

Langkah kelima ini begitu juga sama halnya seperti langkah ke-empat, yaitu bisa kita ulang terus menerus nantinya untuk membuat sub heading atau sub bab dari setiap bab yang kita buat. jika semua langkah diatas kita praktikan secara langsung maka akan tampil - tampilan pada gambar dibawah, bisa kita lihat:


Maka format dari laporan yang kita kerjakan akan terlihat lebih rapi dan teratur dan pasti sangat benar - benar memudahkan kita dalam melakukan perubahan apabila kita memiliki banyak revisi dalam penulisanya.

Jadi kelima cara diatas merupakan sesuatu yang jarang dipakai orang dalam penulisan laporan - laporan baik di sekolah maupun diperkuliahan. untuk konsultasi selanjutnya sobat bisa beri komentar di artikel ini dan mengikuti website ini selalu. 

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya sob! jangan lupa diterapkan!!

Pesan Admin: Jangan lupa belajar dan membaca hari ini...

terima kasih...

1 Response to "Cara Mudah Membuat Format Laporan Makalah dan Tugas Akhir"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel