-->

Jenis - Jenis Perangkat Output pada Komputer Berserta Cara Kerja dan Fungsinya

Zonamatika.com - Setelah kita mengetahui jenis - jenis perangkat input pada komputer pada artikel sebelumnya atau bagi yang belum tau kalian bisa kunjungi Disini


Kali ini kita akan mengetahui lagi jenis - jenis perangkat output (unit keluaran) yang ada pada komputer. adapun jenis - jenis alat output pada komputer.

Perangkat OUTPUT KOMPUTER

1. Speaker

Fungsi: Membuat suara dari komputer / perangkat lain. Baik musik, suara manusia, dll.

Cara kerjanya: Saat mendengarkan suara kartu suara, data suara digital dalam bentuk gelombang .wav atau mp3 dikirim ke kartu suara. Data digital ini diproses oleh DSP (pemrosesan sinyal digital) yang bekerja dengan DAC (konverter analog digital: konversi digital ke analog). Ini mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Komponen - komponen yang terdapat pada sepaker: 
  • Pengeras suara
  • DSP
  • DAC
2. Printer

Fungsi: itu adalah printer dengan dukungan kertas, hasil yang terkandung dalam komputer adalah dalam bentuk salinan kertas sehingga dapat dilihat tanpa menggunakan komputer, sehingga harus dicetak di atas kertas dengan printer.

Cara kerjanya: berikut adalah beberapa jenis printer. Saya akan menjelaskan jenis printer yang merupakan jenis laser. Printer berfungsi sebagai berikut: laser ditembakkan sesuai dengan poin yang akan dicetak. Cermin berputar menyebabkan titik penyebaran pada drum. 

Drum berputar di baris berikut. Drum ini fotosensitif, karena sinar laser, drum bermuatan listrik di mana pun titik dicetak. Ketika drum terus bergerak, bagian drum yang diisi melewati tangki berisi bubuk hitam yang disebut toner. Toner melekat pada drum pada bagian yang dimuat sehingga pola toner pada drum sesuai dengan gambar yang akan dicetak. 

Kemudian, drum melewati selembar kertas. Kabel bermuatan listrik menutupi kertas. Saat kertas menyentuh drum, toner menempel ke kertas. Saat kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas dan tekanan yang disebut sistem fusi / pelebur. 

Sistem fusi ini berfungsi untuk melelehkan tinta di atas kertas. Kemudian kertas keluar dari printer. Pada saat yang sama, permukaan drum melewati kabel lain yang disebut kawat korona. Kabel Corona ini mengembalikan beban pada drum, dan drum siap untuk halaman berikutnya.
Komponen: - Drum
Toner
  • Kawat mahkota
  • Fuser
  • Pemindai laser
  • Roller
3. Monitor

Fungsi: untuk menampilkan gambar, film, dan publikasi.

Cara kerjanya: Di sini saya akan mengambil contoh monitor LCD (liquid crystal display). Layar LCD terbagi menjadi 2 bagian utama, yaitu backlight dan liquid crystal. Lampu latar adalah sumber cahaya LCD yang umumnya terdiri dari 1 hingga 4 buah lampu neon. Lampu latar ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring lampu latar. 

Cahaya putih adalah susunan beberapa ratus lampu dengan warna berbeda. Beberapa ratus lampu ini akan terlihat jika cahaya putih mengalami pantulan atau perubahan arah cahaya. Warna yang dihasilkan tergantung pada sudut pantulan. Jadi, jika sudut pantulannya berbeda, maka warnanya akan berbeda. 

Dengan memberikan tegangan dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat mengubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah memantulkan cahaya lampu latar, lampu latar yang sebelumnya putih bisa menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela. Jika Anda ingin menampilkan, kristal cair putih akan terbuka sebanyak mungkin sehingga cahaya latar putih muncul di layar. 

Tetapi jika Anda ingin menunjukkan warna hitam. Kristal cair akan menutup sangat keras sehingga cahaya latar tidak menembus (sehingga layar terlihat hitam). Jika Anda ingin menunjukkan warna lain, cukup sesuaikan sudut pantulan kristal cair.

Komponen - komponen yang terdapat pada monitor:
  • Lampu latar
  • Kristal cair
4. Headphone

Fungsinya sama dengan speaker, yaitu untuk mengeluarkan suara tetapi dalam kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan speaker.

Cara kerjanya: suara yang telah diinput melalui mikrofon dikirim ke kartu suara. Data digital diproses / diproses oleh DSP (Digital Signal Processing), yang bekerja dengan DAC (Analog Data Converter), Ini mengubah sinyal digital menjadi analog dan dirilis melalui headphone.

Komponen - komponen yang terdapat pada headphone: 
  • speaker
  • DAC
5. Proyektor LCD

Fungsi: untuk menampilkan gambar di layar.

Cara kerjanya: bekerja sesuai dengan prinsip refraksi cahaya yang dihasilkan oleh panel LCD Panel ini dibuat secara terpisah sesuai dengan warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Lalu ada tiga panel LCD pada warna gambar proyektor dipancarkan oleh proyektor adalah hasil dari pembiasan panel - panel LCD yang telah menyatu untuk prisma khusus yang citranya bersenjata kemudian melewati lensa dan "jatuh" ke kanan di layar sehingga dapat terlihat seperti gambar penuh.

Komponen: - ventilasi
  • lensa
  • Pasang
  • sensor
  • Video komponen
  • Tabung combiner Dichroic

Beberapa perangkat OUTPUT komputer diatas merupakan beberapa dari sekian banyak unit input pada komputer, mungkin masih ada lagi yang lainya. baiklah sampai disini dulu artikel mengenai jenis - jenis perangkat output pada komputer. semoga bermanfaat.

Terima kasih...Salam bahagia dan jangan lupa belajar dan membaca hari ini.

0 Response to "Jenis - Jenis Perangkat Output pada Komputer Berserta Cara Kerja dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel