-->

Jenis - Jenis Perangkat Input Pada Komputer

Assalamualaikum...Salam bahagia semuanya...

Pasti kita semua saat ini tidak asing lagi dengan yang namanya perangkat komputer. pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa jenis alat input pada komputer

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu


Perangkat Input Komputer

1. Keyboard

Keyboard adalah unit input paling penting dalam pemrosesan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan sebagai sarana bagi pengguna (pengguna) untuk melakukan perintah lain seperlunya, seperti menyimpan file dan membuka file. 

Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin tik yang dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahaan Remington. Keyboard yang digunakan saat ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (Organisasi Standar Internasional). Jumlah tombol pada keyboard ini adalah 104 tombol. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu serial, ps2, usb dan nirkabel.

2. Mouse

Mouse adalah unit input (perangkat input). Fungsi alat ini adalah untuk memindahkan pointer atau kursor dengan cepat. Selain itu, ini bisa menjadi perintah yang praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal dari sistem operasi berdasarkan GUI (antarmuka pengguna grafis). 

Sinyal listrik sebagai input dari perangkat mouse ini diproduksi oleh bola-bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergerakan atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, biasanya hanya dua tombol yang digunakan, tombol kiri dan kanan. Saat ini, mouse juga dilengkapi dengan tombol gulir, di mana lokasi tombol ini berada di tengah. 

Istilah penekanan pada tombol kiri disebut klik (Klik) di mana penekanan ini akan berfungsi jika mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi jika tidak pada objek yang ditunjuk, penekanan ini akan diabaikan. Selain itu, ada juga istilah lain yang disebut sliding (dragging) yang menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya saat bergerak. 

Seret ini akan menyebabkan objek bergerak atau menyalin ke objek lain dan kemungkinan lain. Dengan menekan tombol kiri mouse dua kali dengan cepat dan teratur itu disebut klik dua kali, sedangkan menekan tombol kanan mouse sekali disebut klik kanan.Mouse ini terdiri dari beberapa port, yaitu, serial mouse, ps / mouse 2, USB dan mouse nirkabel.

3. Touch-pad

Unit input ini biasanya dapat ditemukan di laptop dan notebook, yaitu menggunakan sentuhan jari. Biasanya, unit ini bisa digunakan sebagai pengganti mouse. Selain panel sentuh, ada model unit input yang serupa, yaitu perangkat penunjuk dan trackball (Touch Pad Track Ball Pointing Stick).

4. Light-pen

Pena cahaya adalah penunjuk elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan layar (monitor). Stylus memiliki sensor yang dapat mengirim sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, di mana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik per baris per detik.

5. Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan dalam permainan komputer. Joy Stick biasanya berbentuk seperti tongkat, sedangkan set dayung biasanya plastik kotak atau persegi, dilengkapi dengan tombol yang akan mengatur pergerakan suatu objek di komputer.

6. Barcode

Kode batang termasuk dalam unit input (perangkat input). Fungsi alat ini adalah membaca kode dalam bentuk kuadrat atau garis vertikal tebal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka. Kode-kode ini biasanya dilampirkan pada produk makanan, minuman, perangkat elektronik, dan buku. Saat ini, setiap kasir di supermarket atau supermarket ada di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

7. Scanner

Pemindai adalah alat yang dapat berfungsi untuk menyalin atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan dalam memori komputer. Dari memori komputer berikutnya, disimpan di hard drive atau floppy disk. Fungsi pemindai ini mirip dengan mesin fotokopi, perbedaannya adalah mesin fotokopi dapat dilihat di atas kertas sedangkan hasil pemindai dapat ditampilkan melalui monitor sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan lagi dalam bentuk file teks dan file gambar. 

Selain pemindai gambar, ada juga pemindaian yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar respons komputer. Pemindai yang biasa digunakan untuk memindai lembar respons komputer adalah IR SCAN, yang biasanya digunakan untuk LJK (Lembar Jawab Komputer) dalam tes umum dan ujian nasional. 

Jenis pemindaian ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang ada di pasaran adalah scanner untuk menyalin gambar atau foto dan biasanya juga dilengkapi dengan fungsi optical character recognition (OCR) untuk menyalin atau menyalin objek dalam bentuk teks.

Pemindai sekarang telah dikembangkan dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja yang mirip dengan mesin pemindai untuk koreksi lembar jawaban, biodata dan formulir, sebagai formulir untuk pemilihan sekolah. Dengan DMR, lembar jawaban tidak harus dijawab dengan pensil 2B, tetapi mereka dapat menggunakan alat tulis lain, seperti pena dan spidol, dan mereka dapat menggunakan kertas biasa.

8. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah sedemikian canggih sehingga komputer dapat menerima informasi dari kamera. Kamera ini disebut kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dan lebih baik daripada cara menyalin gambar dengan pemindai. Ketajaman gambar kamera digital ini ditentukan oleh pikselnya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat berguna untuk banyak kegiatan dan pekerjaan. 

Kamera digital tidak memerlukan film seperti kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan dalam memori kamera sebagai file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang ada di pasaran saat ini memiliki beberapa jenis, dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis hingga kamera yang dapat merekam gambar langsung atau bergerak sebagai video.

9. Mikropon dan Headphone

Unit input ini digunakan untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan di memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara atau berbicara dengan orang yang kita inginkan saat mengobrol. Penggunaan mikrofon ini tentu membutuhkan perangkat keras lain yang berfungsi untuk menerima input suara, yaitu kartu suara dan speaker untuk mendengarkan suara.

10. Grapich Pads

Teknologi Computer-aided design (CAD) dapat mendesain bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat terbang menggunakan grafik. Bantalan grafis adalah input untuk menggambar objek pada monitor. Bantalan grafis yang digunakan memiliki dua jenis. Pertama, gunakan jarum (pensil) yang terhubung ke pad atau menggunakan bantalan tegangan rendah, yang memiliki permukaan membran sentuh yang sensitif. 

Tegangan rendah yang dikirim kemudian diterjemahkan ke dalam koordinat X-Y. Kedua, menggunakan pad sensitif sentuh (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar di buku catatan dan kemudian menulis dengan pensil.

Beberapa perangkat input komputer diatas merupakan beberapa dari sekian banyak unit input pada komputer,  disamping perangkat input komputer ada juga jenis - jenis perangkat output pada komputer. untuk mengetahui lebih lanjutnya mengenai jenis - jenis perangkat output pada komputer teman - teman bisa kunjungi artikelnya Disini.

Terima kasih...Salam bahagia

0 Response to "Jenis - Jenis Perangkat Input Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel