-->

Mengenal RICS dan CICS Arsitektur Komputer


RICS (Reduced Instruction Set Computer) yang bisa disebut sebagai (Reduced atau pengurangan) karena RISC awalnya menawarkan instruksi yang lebih kecil dan mudah diatur dibandingkan dengan mesin CISC.

Mesin RISC saat ini paling gencar dikembangkan. Karena ide awalnya adalah untuk menyediakan satu set instruksi minimal yang bisa melaksanakan semua operasi penting yaitu memindahkan data, Operasi ALU, dan percabangan.

Instruksi LOAD dan STORE yang eksplisit saja yang diijinkan mengakses langsung ke memori. Desain set instruksi yang kompleks termotivasi oleh tingginya biaya memori.Memiliki kompleksitas yang lebih dan dikemas ke dalam setiap instruksi, itu berarti bahwa program bisa lebih kecil, sehingga menghemat memori.

CISC ISA’s menggunakan panjang variabel instruksi, yang membuat instruksi singkat dan sederhana, sementara juga memungkinkan lagi untuk instruksi yang lebih rumit. Selain itu, arsitektur CISC termasuk sejumlah besar instruksi yang langsung mengakses memori.

Pada pertengahan 1970-an melalui karya IBM John Cocke. Cocke mulai membangun eksperimental Model 801 mainframe pada tahun 1975. Sistem ini awalnya mendapat sedikit perhatian, rinciannya diungkapkan hanya beberapa tahun kemudian. Untuk sementara, David Patterson dan David Ditzel diterbitkan mereka diakui secara luas "Kasus untuk Reduced Instruction Set Computer" pada tahun 1980.

Apa itu RICS dan CICS? Pendidikan Teknik Informatika

Tulisan ini melahirkan cara berpikir baru yang radikal tentang arsitektur komputer, dan membawa akronim CISC dan RISC ke dalam leksikon ilmu komputer. Arsitektur baru diusulkan oleh Patterson dan Ditzel menganjurkan sebuah instruksi yang sederhana. Setiap instruksi akan melakukan sedikit pekerjaan, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk eksekusi instruksi akan konstan dan dapat diprediksi. Dukungan untuk mesin RISC datang dengan cara pengalamatan pemrograman pada Mesin CISC.

Studi ini mengungkapkan bahwa instruksi data movement menyumbang sekitar 45% dari semua instruksi, operasi ALU (termasuk aritmatika, perbandingan, dan logis) menyumbang 25%, dan bercabang (atau aliran kontrol) sebesar 30%. Temuan ini, ditambah dengan munculnya memori yang lebih besar dan murah, serta perkembangan teknologi VLSI, menyebabkan beragamnya jenis arsitektur.

Memori yang lebih murah berarti bahwa program bisa menggunakan penyimpanan yang lebih. Program yang lebih besar yang terdiri dari sederhana, instruksi yang bisa diprediksi bisa menggantikan program pendek yang terdiri dari variabel instruksi panjang dan rumit. Instruksi sederhana, instruksi yang akan memungkinkan penggunaan siklus clock lebih pendek.

Selain itu, memiliki instruksi lebih sedikit berarti lebih sedikit transistor yang diperlukan pada chip. Sedikit transistor berarti biaya produksi lebih murah dan lebih Chip real estate tersedia untuk penggunaan lainnya. Instruksi prediktabilitas ditambah dengan kemajuan VLSI akanmemungkinkan berbagai peningkatan kinerja, seperti pipelining, untuk di implementasikan ke dalam perangkat keras.

0 Response to "Mengenal RICS dan CICS Arsitektur Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel