-->

Mengenal Lebih Dekat apa itu Sistem Informasi Geografis (GIS)



Apa itu GIS?

Definisi sistem informasi geografis:
Definisi dari sistem informasi geografis adalah sebuah sistem yang memberikan gambaran dari bentuk keruangan atau bentuk pemetaan. Dalam penjelasan lain yang lebih sempit sistem informasi geografis ialah sebuah sistem yang dapat menyimpan data, megnelola data, dan membangun data baru dalam skala geografis. sebagai contoh data ialah data berupa skala atau kordinat dari suatu lokasi yang bisa dsimpan kedalam database.

secara umum definisi dari sistem informasi geografis adalah suatu sistem yang mempelajari ilmu bumi. geografis memberikan gambaran dari keadaan yang terjadi dalam bumi. sebagai contoh kondisi yaitu keadaan dataran tinggi, dataran rendah, perbukitan, gunung-gunung atau posisi hijau. Atau menggambarkan suatu daerah seperti alamat, kepadatan penduduk, jalur lalu lintas dan lainya.

Yang membedakan sistem informasi geografis dengan sistem lainya

Perbedaan gis dengan sistem informasi geografis adalah:
  • Sistem informasi geografis dianalisa berdasarkan data geografis dari suatu daerah
  • Sistem informasi geografis dapat Mampu melakukan pengumpulan, penyimpanan, transformasi, menampilkan, memanipulasi, memadukan dan menganalisis dari suatu data geografis.
  • Sistem informasi mampu menghasilkan bentuk dari peta konvensional kedalam bentuk peta digital
  • Sistem informasi melibatkan ahli geografis, informatika, dan komputer
Yang harus tersedia bagi programer sebelum implementasi GIS:
Adapun yang harus disediakan oleh programer gis sebelum melakukan implementasi gis adalah:
Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses menyimpan, menganalisa, memvisualkan data-data baik data spasial maupun non-spasial. Perangkat lunak yang harus terdapat dalam komponen software SIG adalah:
  • Alat untuk memasukkan dan memanipulasi data GIS
  1. Aplikasi Q Gis (Quantum Gis) dan geomose
  2. Mapserver
  3. Open layers
  • Data Base Management System (DBMS)
  • Alat untuk menganalisa data-data
  • Alat untuk menampilkan data dan hasil analisa
4 (Empat) contoh sistem informasi geografis yang dapat diakses secara online adalah sebagai berikut:
Fitur aplikasinya terdapat store/shop, restaurant, hotel, stadium, univerty, city, house, park, school.
Fitur aaplikasinya terdapat petunjuk jalan, tempat tempat strategis di kota jakarta. Terdapat fitur zoomin, zomm out dan download peta.
Fiturnya aplikasinya terdapat peta interaktif, peta cetak, penutupan lahan
Peranan Mapserver terhadap sistem informasi geografis:

Peranan dari mapserver adalah MapServer adalah applikasi Open Source yang memungkinkan sebuah data peta diakses melalui web. mapserver hadirdan mampu membuat pekerjaan peta digital menjadi lebih mudah. mapserver juga membuat pekerjaan peta digital menjadi lebih interaktif, Interaktif peta disini diartikan bahwa pengguna dapat dengan mudah melihat dan mengubah tampilan peta seperti zoom, rotate, dan menampilkan informasi (seperti menampilkan info jalan) dan analisis seperti menentukan rute perjalanan pada permukaan geografi.

Mapserver dan Webserver saling berkerja berdampingan. Webserver menerima request suatu peta dari mapserver. Dan fungsi dari mapserver ialah menggenerate request terhadap peta kemudian mengirimkanya ke mapserver. Jadi bisa kita lihat kesimpulanya bahwa Fungsi utama dari MapServer adalah melakukan pembacaan data dari banyak sumber dan menempatkannya kedalam layer-layer secara bersamaan menjadi file grafis

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat apa itu Sistem Informasi Geografis (GIS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel