-->

Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya



Dalam dunia Pendidikan, pembelajaran terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi sangat penting. Dimana kita akan mengalami proses penggunaan teknologi yang ada dari setiap jenjang Pendidikan yang kita jalani.

Maka dari itu penting bagi kita untuk tau akan hal yang terkait dengan teknologi tersebut. Sebagai contoh adalah perangkat computer yang tentunya perangkat ini telah banyak digunakan secara umum maupun pribadi.

Bagi Anda yang terlibat dalam dunia IT(Teknologi), Anda harus menguasai pengetahuan seperti menguasai alat dan perangkat yang dibutuhkan termasuk perangkat keras dan perangkat lunak, tentu saja akan mendukung pengetahuan, setidaknya Anda memahami dasar pengetahuan ini.

sebenarnya mudah jika kita benar-benar ingin mengejar bidang ini, dan tidak meremehkan, karena hal terkecil bisa menjadi hebat ketika kita lupa dan ketika kita harus mencarinya meskipun mudah dimengerti dan dipahami.

Artikel ini dibuat untuk memudahkan Anda mempelajari pengetahuan dasar dan memahami fungsi alat input dan output dari sebuah komputer.

Jenis perangkat keras komputer dan fungsinya:

Apa itu perangkat keras? Berikut penjelasan dari Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen yang bekerja bersama membentuk satu kesatuan. Jika satu komponen tidak berfungsi, itu akan menyebabkan komputer tidak berfungsi dengan benar. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras. Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:

1. perangkat input (unit input atau unit masukan)
2. Perangkat proses (Unit pemrosesan)
3. Perangkat output (unit output atau unit keluaran)
4. Backing Storage (unit penyimpanan)
5. Periferal (unit tambahan)

Kita telah mengetahui bagian-bagian dari perangkat keras computer seperti yang telah dijelaskan diatas. Untuk selanjutnya kita akan mengenal komponen dasar dari sebuah perangkat computer.

Komponen dasar komputer yang terdiri dari proses input, output dan penyimpanan.

Perangkat input terdiri dari keyboard dan mouse, Perangkat proses adalah mikroprosesor (ALU, Komunikasi Internal, Bagian register dan kontrol)

Perangkat output terdiri dari monitor dan printer, Memori eksternal penyimpanan terdiri dari hard disk, Floppy drive, CD ROM, Pita magnetik. Memori penyimpanan internal terdiri dari RAM dan ROM.

Sedangkan komponen Perangkat Periferal adalah komponen tambahan atau sebagai komponen yang tidak ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen periferal ini misalnya: Kartu TV Tuner, Modem, Capture Card.

Unit Input Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam memori dan prosesor untuk diproses untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan.
Perangkat input atau unit input yang biasa digunakan oleh komputer pribadi (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan pengguna (pengguna) dengan komputer.

Selain itu ada joystick, yang biasanya digunakan untuk bermain game atau game dengan komputer. Kemudian pemindai, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya bisa dimanipulasi. Panel sentuh, menggunakan sentuhan jari pengguna dapat melakukan proses akses file. Mikrofon, untuk merekam suara ke komputer.

Perangkat input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam memori dan prosesor untuk diproses dan menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berupa input sinyal dan input perawatan.

Sinyal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan input pemeliharaan berupa program yang digunakan untuk memproses data yang dimasukkan.
Jadi perangkat input selain digunakan untuk memasukkan data juga dapat digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu:
Peralatan input langsung, yang diproses langsung oleh alat pengolah. Contoh: keyboard, mouse, layar sentuh, stylus, tablet grafis, pemindai.
Peralatan input tidak langsung, input melalui cara tertentu sebelum entri diproses oleh perangkat pemrosesan. Contoh: punched card, disket, hard drive.

Baiklah semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. berikan komentar dan saran kalian jika ada.

Salam hangat admin...oh ya jangan lupa belajar dan membaca hari ini.

Untuk mengenal lebih lanjut jenis - jenis perangkat input dan output pada komputer kalian bisa lihat Disini.

Terima kasih...

0 Response to "Mengenal Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel