-->

Mengetahui Jenis - Jenis Sistem Operasi pada Komputer


Zonamatika.com - Apa Saja Jenis - Jenis Sistem Operasi yang terdapat pada Komputer?Setelah sebelumnya kita mengetahui apa itu sistem operasi "Baca Disini". pada artikel kali ini kita akan mengetahui jenis - jenis sistem operasi apa aja yang bisa berjalan pada perangkat komputer.



Seperti yang belum banyak kita ketahui masih ada sistem operasi yang lain selain dari sistem operasi yang biasa kita gunakan pada PC kita sehari - hari. sebagai contoh : 
Windows OS Atau Mac OS. kedua OS tersebut sangat sering kita temui dan sangat sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari - hari.



Akan tetapi ada jenis - jenis sistem operasi pada komputer yang lainya yang hanya digunakan untuk keperluan orang - orang tertentu atau dari keiinginan penggunanya sendiri. Seperti contoh : Linux atau Ubuntu.



Kali ini kita akan mengetahui jenis  - jenis dari sistem operasi yang dapat kita jalankan dalam sebuah perangkat komputer diantaranya:


Jenis - jenis Sistem Operasi Pada Perangkat Komputer


DOS

DOS (Disk Operating Sistem) merupakan awal sistem  operasi yang dipakai oleh IBM PC (disebut PC-DOS) dan PC yang kompatibel dengan IBM PC disebut dengan MS-DOS. Versi DOS yang pertama dikeluarkan pada tahun 1982 dalam sebuah disket. Saat ini operasi sistem operasi ini tidak lagi digunakan. Fungsi–fungsi DOS: Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer, mengatur memori, mengatur proses input dan output data, management file, management directory.



Free BSD

Free BSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. Free BSD berjalan di atas sistem intel x86. Free BSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari Free BSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Free BSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.



MAC OS

MAC OS atau Macintosh Operating Sistem adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur Power PC maupun x86.


SOLARIS
Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX sistem yang diperkenankan oleh Sun Microsistems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. 

Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software Open Source yang biasa dikenal dengan Open Solaris. 

Open Solaris adalah Open Source versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya: Source untuk Installer, Desktop, Software.



UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Mul- tiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.



Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama (open source). 

Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.


Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.



Mircorost Windows

Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.


Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.

0 Response to "Mengetahui Jenis - Jenis Sistem Operasi pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel