-->

Cara Memisahan Halaman Di Microsoft Word Dengan Mudah

Selamat bahagia semuanya, jumpa lagi hari ini, baiklah pada kesempatan ini kita akan sedikit menambah sekaligus melanjutkan belajar online di website zonamatika. mungkin pada postingan sebelumnya yang berjudul “Cara Mudah Membuat Format Laporan Makalah dan Tugas Akhir” bisa lihat Disini kita telah mempelajari cara membuat format laporan makalah dengan mudah. 

Hari ini kita akan memulai untuk mempelajari bagaimana cara kita mudah memisahkan halaman pada laporan kita secara mudah. Mungkin jika sebelumnya kita tidak mengerti itu akan sulit. Kenapa? karena kita tidak mengerti. Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara memisahkan halaman dengan mudah di MS Word.

Sebelum kita melanjutkan kenapa kita harus melakukan Break Page atau Memisahkan halaman pada laporan kerja kita?? karena dalam penulisan tugas akhir/Skripsi biasanya format halam itu akan dibuat berdasarkan BAB. 

artinya tidak seperti halaman biasanya jika laporan yang kita kerjakan berjumlah 10 halaman maka kita akan buat dari halaman 1 - 10. akan tetapi disini berbeda dengan format halaman untuk sebuah laporan tugas akhir atau skrisi yang modelnya dbuat berdasarkan BAB dari laporan tersebut. sebagai contoh kita bisa lihat daftar isi dengan format halaman seperti gambar dibawah perhatikan yang dikotak merah:


Contoh diatas merupakan laporan tugas akhir saya. kita bisa lihat di daftar isi bahwa halaman dibuat berdasarkan BAB bagai mana bisa seperti itu? kita akan bahas di artikel selanjutnya.

Sekarang kita lanjutkan terlebih dahulu dengan memulai memisahkan halaman dari setiap BAB nya.

Memisahkan Halaman Dengan Mudah di Microsoft Word


Langkah Pertama:

1. Di artikel sebelunya yang berjudul "Cara membuat daftar isi otomatis dengan mudah di MS Word" bisa lihat disini Disini kita telah selesai akan tetapi masih kita menemukan format yang masih tidak sesuai pada tempatnya. sebagai contoh antara "Daftar Isi" dan "Heading BAB I" masih tergabung di satu halaman.

Dari contoh yang telah admin jelaskan diatas posisi BAB I masih berada tepat dibawah dafar isi. selanjutnya apakah laporan kita akan kita tinggalkan begitu saja??? atau kita menekan tombol Enter agar berpindah kebawah?? mungkin saja, tetapi cara itu sangat membuat kita kehabisan waktu hehe disamping itu juga tidak efektif kawan. baiklah kita akan melanjutkan langkah kedua.

Langkah Kedua:

Kita akan melanjutkan ke tahapan pemisahan halaman. kita bisa buka menu Layout pada dokumen yang kita kerjakan. kemudian letakan posisi Cursor diawal tulisan tepat sebelum BAB I. 

Langkah Ketiga

Sekarang kita klik layout setelah kita klik maka akan muncul banyak pilihan. kita akan memilih break page untuk memisahkan bagian yang ingin kita pisahkan. dari contoh diatas kita ingin memisahkan BAB I dari dafar isi. setelah kita klik break page maka akan muncul banyak pilihan lagi. langsung saja kita pilih Next Page maka bagian yang ingin kita pisahkan akan otomatis berpindah kebawah. fungsi break next page adalah untuk memisahkan halaman "Daftar Isi" dengan halaman "BAB I". Sampai disini masih aman ya sob.

Dengan melakukan tahapan demi tahapan yang telah di jelasin di atas maka tentunya kita sudah mengerti bagaimana cara memisahkan halaman pada dokumen kerja word kita.

Baiklah kawan. semoga apa yang kita pelajari dan kita baca hari ini ada manfaatnya untuk penulis sendiri atau untuk teman - teman yang membacanya. pesan admin jangan lupa belajar dan membaca hari ini, jangan lupa diterapin ya.

Salam Bahagia Semuanya..........

1 Response to "Cara Memisahan Halaman Di Microsoft Word Dengan Mudah"

  1. One option is Microsoft Certified Partners for Learning Solutions which offers online training as well as classroom training. microsoft office 2019

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel