-->

Apa Itu Sistem Operasi ? Berikut Penjelasanya


Zonamatika.com - Pada pertemuan kali ini kita akan mencari apa itu sistem operasi, dalam artikel ini penulis akan meenjelaskan sedikit mengenai pengertian dan apa itu sistem operasi.

Apa itu Sistem Operasi?

Sistem operasi atau operating sistem (OS) merupakan sebuah penghubung antara user (pengguna komputer) dengan hardware (perangkat keras) komputer. 



Sebelum ada OS, orang menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Sebagai contoh, komputer yang digunakan untuk mengontrol oven microweve memiliki tugas amat sederhana dengan alat input dan alat output sederhana pula. 



Hardware yang lain pun sederhana dan tidak pernah diubah-ubah. Kita dapat mengatur beberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak makanan.



Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting



Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.



Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI.  Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. 



Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.



Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. 



Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating Sistem (misalnya keluarga sistem operasi UNIX).  



Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. 



Tipe yang pertama sering disebut sebagai desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS, contohnya adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, Palm, Symbian, dan sebagainya.



Jadi dari penjelasan singkat diatas kita sudah mengerti sedikit tentang apa itu sistem operasi.



Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua salam admin, jangan lupa belajar dan membaca hari ini...



Baca juga artikel mengenai sejarah sistem operasi komputer Disini.

0 Response to "Apa Itu Sistem Operasi ? Berikut Penjelasanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel