-->

Cara Menghubungkan Domain Ke Blogspot Dengan Mudah Rumah Web

Zonamatika.com - Salam Bahagia Semuanya, langsung saja kali ini kita akan belajar bagaimana cara menghubungkan domain kita ke situs blogspot/blogger kita. sebelum kita melanjutkan tahapan ini kita harus mempersiapkan sesuatu diantaranya:

"Domain aktif serperti contoh www.zonamatika.com. " bagaimana cara memiliki domain aktif? kita bisa membelinya dari Google Domains atau bisa dari tempat penjualan jasa domain lainya seperti Rumahweb, Niaga Hoster, dan masih banyak lagi lainya.

Tapi disini saya akan mencoba versi rumahweb. Setelah kita memiliki domain aktif langsung saja kita mulai untuk menghubungkan domain kita ke blogspot.

Tutorial Blogging Mudah Menghubungkan Domain ke Blogspot

Pertama

Masuk ke client area rumah web dengan username dan password yang telah terdaftar dirumahweb. Setelah masuk ke halaman tersebut maka akan muncul tampilan seperti ini.

Kedua

Setelah login kita akan ditampilkan sebuah tampilan yang beri menu layanan, domain, billing, support dan lainnya. kita bisa klik domain. lalu akan muncul daftar list domain aktif milik kita. lanjutkan dengan klik tanda panah kebawah pada domain kita klik kelola domain. kita bisa lihat gambar dibawah


Ketiga

Setelah kita klik kelola domain maka akan muncul halaman baru yang berisi tentang informasi domain kita. jika masih baru maka akann ada permintaan register lock. maka kita bisa langsung klik saja register lock dan langsung kembali kehalaman kelola domain bila telah selesai. selanjutnya kita pilih DNS Management.

Setelah kita klik "DNS Management" maka akan muncul tampilan halaman baru yaitu "Manage DNS" pada halaman tersebut ditampilkan pemberitahuan mengenai domain kita " Domain anda belum terdaftar di sistem DNS kami, untuk memulai klik "START". sebelum menetan tombol start kita harus mengikuti terlebih dahulu langkah ke empat.

Keempat

kita masuk dulu ke blogger menggunkan akun blogger kita untuk mendapatkan Cname Blogspot kita. masuk ke blogger > kemudian pengaturan > Dasar > Publikasi. langsung saja klik edit kemudian akan tampil url "gunakan situs pihak ketiga" kita bisa langsung klik situs dengan menggunakan situs web pihak ketiga tersebut. maka akan muncul kolom masukan domain. kita bisa langsung memasukan domain aktif yang kita miliki.

Kelima

Masukan domain lalu klik simpan, jika error maka kita akan lihat kembali bahwa ada terdapat kode tepat dibawah "www" dan  "ghs.google.com" kode itu akan kita gunakan untuk menghubungkan blog ke domain kita, jadi perhatikan dengan baik dan benar ketika kita memasukan kode tersebut ke dalam form "add new record" nantinya.
   

Keenam

Kembali lagi ke pada langkah ketiga langsung saja kita klik tombol "START" yang tadi belum jadi kita klik sampai muncul tombol update maka kita langsung tekan update. Setelah menekan update maka akan muncul tampilan add new record dan setting blogspot.

Keenam

tahap selanjutnya kita klik setting blogspot maka akan muncul tampilan tabel - tabel yang berisi info DNS dari blog kita. akan tetapi kita harus menambahkan record baru untuk menghubungkan domain milik kita. kita bisa lanjut ke tahapan ke tujuh.

Ketujuh

Kita klik add new record. Maka akan muncul form add record, lanjutkan dengan mengisi form tersebut sesuai dengan kode Cname dari akun blogspot milik kita . untuk mengetahui kodenya kita bisa kembali kepada tahapan kelima. perhatikan benar benar saat mengisi kode tersebut. jika ada satu angka yang tertinggal mungkin penghubungan akan gagal.

Kedelapan

Setelah semuanya selesai terisi maka klik "Add Record" maka record kode blogspot kita sudah terdaftar pada DNS dari domain yang kita miliki. disini kita diharapkan bersabar dan sedikit menunggu. Silahkan tunggu 1-2 jam kedepan lalu kembali ke halaman blogger dan tekan simpan. jika belum muncul maka tunggu saja sampai proses penghubunganya selesai.

maka situs anda telah berubah menjadi .com bukan .blogspot.com lagi.

Sampai disini artikel kali ini, salah bahagia semuanya!!!
Pesan admin, jangan lupa belajar dan membaca hari ini dan selamat mencoba.

2 Responses to "Cara Menghubungkan Domain Ke Blogspot Dengan Mudah Rumah Web"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel