-->

Contoh Penerapan E-Government Di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

E - Government atau pemerintahan elektronik adalah sebuah penggunaan teknologi informasi yang digunakan untuk meningkatkan hubungan antara masyarakat dengan pemerintah. tujuan E-government ini tentunya memberika kemudahan bagi masyarakat dalam hal pelayanan publik, pengaduan, pencarian informasi, dan masih banyak lainya. sudah banyak negara - negara yang menerapkan e - government untuk pemerintahanya. begitupun di Indonesia, sebagai negara berkebang Indonesia juga sudah banyak menerapkan E - Government atau pemerintahan elektronik.

Baiklah kali ini kita akan memberikan contoh terkait salah satu contoh penerapan E - Government yang ada di salah satu pusat pemerintahan di Indonesia yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam  Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Sumber daya alam dan Teknologi Tepat Guna. langsung saja kita simak artikel lebih lanjut.

Tujuan dari E-Government di Dinas PMD itu sendiri ialah :
Pertama : Membangun sistem yang berkaitan dengan kegiatan perkembangan Pembangunan, Sarana dan Prasarana Desa dan Kawasan Perdesaan. Seperti sistem pengawasan pembangunan desa yang terbuka bagi publik sehingga pengawasan akan menjadi jelas dan tepat sasaran.

Kedua : Membangun sistem yang memberikan informasi yang berkaitan dengan setiap kegiatan pemerintah yang ada di wilayah - wilayah provinsi riau. Kegiatan tersebut meliputi Penanggulangan Kemiskinan dan Pengembangan Lembaga Ekonomi Desa. 

Ketiga : Membangun sebuah sistem informasi yang mampu memberikan informasi terkait kondisi dan potensi desa tersebut. Dengan adanya sistem ini maka kegiatan pembinaan dan pengembangan kelompok usaha ekonomi masyarakat bisa dikedepankan dengan baik. 

Keempat : Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang disediakan secara online agar tidak menyulitkan masyarakat dalam mandapatkan data-data terhadap pemerintah dan meningkatkan efesiensi dari waktu yang digunakan.

Setelah kita mengetahui tujuanya maka kita harus tau bagaimana penerapanya? kita akan memberikan gambaran penerapan E-Governement yang akan terjadi kedepanya.

Penerapan : Menentukan aktor dari sistem yang berjalan. adapun aktor - aktor dari yang bertanggung jawab dari terbentuknya E-Government ini adalah
  • Aparat pemerintah : Aparat pemerintah harus rutin bekerja dan memberikan informasi terkait pekembangan kegiatan yang terjadi untuk membantu masyarakat dalam menerima informasi terkait kegiatan pemerintah di setiap desa-desa.
  • Aparat Desa : Aparat desa memberikan sosialisasi, evaluasi, dan pengawasan terhadap masyarakat desa demi terbentuknya pusat pemerintahan yang baik kedepanya.
  • Masyarakat : Masyarakat bisa menerima perkembangan teknologi informasi seperti pusat pemerintahan elektronik dengan mengikuti semua kegiatan yang sifatnya membangun dan memajukan desa.
Setelah itu langsung kita lanjut ke alur E-Governement yang akan terjadi. kita akan lihat pada gambar: 
 

Gambaran diatas merupakan proses alur E-Government yang akan terjadi dimulai dari rekomendasi yang berisi seluruh informasi kegiatan dari pemerintahan terkait sampai ke sistem E-Public Service yang menunjukan bagaimana sistem akan berjalan serta prosedur pengajuan dari masyarakat terhadap pemerintah.
            
Baiklah sampai disini dulu artikel kita pada pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua
Salam bahagia semuanya dan jangan lupa belajar dan membaca hari ini.

0 Response to "Contoh Penerapan E-Government Di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel